Selasa, 28 Agustus 2007

PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP SYSTEM INFORMASI RUMAH SAKIT

Teknologi Informasi bukan merupakan hal baru yang kita kenal, bahkan sekarang hampir setiap saat kita mendengar kata-kata itu, dengan kata lain kita sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita.


Pada dasarnya kita semua mengharapkan untuk dapat memanfaatkan Teknologi Informasi yang sampai saat ini terus berkembang dan terus mengalami perubahan ke arah penyempurnaan. Pemanfaatan Teknologi Informasi bukan saja sekedar meningkatkan kecepatan informasi dan kecepatan terhadap transaksi yang ada di perusahaan tetapi kita mendapatkan nilai tambah terhadap efisiensi sumberdaya yang perusaahaan miliki.


Rumah Sakit merupakan salah satu organisasi nonprofit yang memberikan jasa pelayanan kesehatan sangat perlu terhadap pemanfaatan teknologi informasi guna memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien dan keluarga demi tercapainya kualitas pelayanan yang diharapkan oleh pasien dan keluarga, yakni dengan dibangunnya system Informasi Rumah Sakit yang terintegrasi dengan baik.


Dengan pemanfaatan teknologi informasi Rumah sakit dapat membagun suatu Sistem Infomasi Rumah Sakit yang terintegrasi, dapat melahirkan efisiensi terhadap Sumber daya manusia dan keuangan sehingga beban yang ditanggung oleh pengguna jasa akan dirasakan lebih mudah dan cepat.

Untuk tercapainya tujuan tersebut diatas maka kita memerlukan adanya suatu sistem informasi yang terintegrasi dengan baik melalui tiga komponen yang menunjang yaitu :

  1. Hard ware

Hard ware adalah merupakan bagian utama dalam sistem informasi yang merupakan hasil pemanfaatan teknologi.

  1. Soft ware

Soft ware merupakan perangkat lunak dari suatu sistem informasi untuk menjalan kan prosedur pengolahan data secara elektronis dalam hal ini biasanya soft ware yang digunakan kebanyakan soft ware yang berbasis window

  1. Brain ware

Brain ware merupakan bagian terpenting dalam pembuatan sistem informasi karena brain ware bagian yang paling sulit untuk di kendalaikan dan baik buruk nya sistem informasi ini tergantung terhadap bagaimana mengelolanya serta pemanfaatannya.

Maka berdasarkan uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa berbagai komponen tersebut

sangat berperan dan saling berintegrasi dalam teknologi informasi di rumah sakit.

Tidak ada komentar: